Kaktus, Saingan PLN Kita?


Jangan heran, ini berita betulan, ini betul-betul berita. Saat ini para ilmuwan sedang berkutat mencari terobosan sumber energi terbarukan, dan salah satu pilihannya adalah dengan menggunakan KAKTUS, tanaman berduri yang sering menjadi tanaman penghias rumah kita. Kok bisa?

Pada semua tumbuhan hijau, termasuk kaktus, terjadi proses fotosintesis yang memungkinkan tumbuhan mengubah energi matahari menjadi energi kimia. Dari pelajaran IPA kita tahu bahwa dalam proses fotosintesis, karbondioksida dan air dengan bantuan sinar matahari akan diubah menjadi oksigen dan gula (glukosa). Glukosa dan oksigen inilah yang akan dipakai untuk menjadi sumber energi listrik dengan bantuan dua elektroda enzym yang dimodifikasi (disebut biofuel cell). Kedua elektroda tersebut, yang sangat sensitif dengan keberadaan glukosa dan oksigen, ditancapkan pada daun kaktus dan disambungkan ke sebuah lampu…dan sim salabim, lampupun menyala.

Energi listrik yang dihasilkan oleh biofuel cell ini memiliki daya 9 mikroW/cm2. Karena besar kecilnya daya ini bergantung lurus dengan intensitas cahaya, maka iluminasi cahaya yang lebih kuat dapat meningkatkan hasil fotosintesis (glukosa dan oksigen), yang pada akhirnya meningkatkan daya energi listrik yang dihasilkan.

Wah, bisa dibayangkan, nanti rumah kita akan indah sekali dipenuhi dengan kaktus yang disambungkan ke berbagai perangkat listrik di rumah. Benar-benar segar di mata, di udara (karena hasil fotosintesis yang berupa oksigen sangat diperlukan untuk pernafasan kita), dan pastinya…bebas polusi! Sungguh saingan berat PLN di kemudian hari…

www.kompasiana.com

Ditulis dalam Ilmiah. Leave a Comment »

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: